Tokoh-Tokoh Pendiri Ormas Islam Al Jam’iyatul Wasliyah

Al Jam’iyatul Washliyah adalah salah satu organisasi Islam di Indonesia. Kata Al jam’iyatul Washliyah berasal dari Bahasa Arab Yang artinya Perkumpulan atau perhimpunan yang menghubungkan, baik yang menghubungkan Manusia dengan Allah (hablun minAllah) dan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia(hablun minannas). Al Jam’iyatul washliyah sekarang lebih di kenal dengan Al Washliyah. Al wasliyah khusus aktif membela kemaslahatan umat Islam dan Indonesia pada umumnya.

Seiring dengan menajamnya perpecahan di tengah-tengah ummat Islam,baik yang datang dari luar maupun dari intern ummat Islam itu sendiri dikarenakan perbedaan mahzab atau Pandangan,maka para Cendikiawan muslim mencari jalan tengah untuk mempersatukan ummat Islam. Maka di bentuklah Al Jam,iyatul Washliyah pada tanggal 30 November 1930 atau 9 Rajab 1349 Hijriah di Maktap Islamiyah Tapanuli Selatan, Medan, Sumatera Utara. 

Adapun Tokoh pendiri Al Alwashliyah adalah:

  1. H. Ismail Banda, 
  2. HM. Arsyad Thalib Lubis, dan 
  3. H. Abdurrahman Syihab.

Ormas Islam Al Jam’iyatul Wasliyah  merupakan bagian dari sejarah perjuangan melawan penjajahan di Indonesia, terutama di kurun waktu antara tahun 1930 hingga 1950. Ormas tersebut juga memiliki peran dan tujuan yang hampir sama dengan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Hingga saat ini, Al Jam’iyatul Wasliyah berpusat di Sumatera Utara dan tersebar di sebagian Pulau Sumatera serta di beberapa provinsi di Kalimantan.