Saifi bin Qaizhi adalah salah satu sahabat Nabi yang ikut dalam perang uhud. Beliau gugur sebagai sahid di antara70 Sahabat Rasulullah SAW yang Gugur Dalam Perang Uhud.

Perang Uhud adalah pertempuran yang pecah antara kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy pada tanggal 22 Maret 625 M (7 Syawal 3 H). Pertempuran ini terjadi kurang lebih setahun lebih seminggu setelah Pertempuran Badr. Tentara Islam berjumlah 700 orang sedangkan tentara kafir berjumlah 3.000 orang. Tentara Islam dipimpin langsung oleh Rasulullah sedangkan tentara kafir dipimpin oleh Abu Sufyan. Disebut Pertempuran Uhud karena terjadi di dekat bukit Uhud yang terletak 4 mil dari Masjid Nabawi dan mempunyai ketinggian 1000 kaki dari permukaan tanah dengan panjang 5 mil.

Saifi bin Qaizhi - Syuhada Perang Uhud

Bukit Pemanah – Tempat Pemanah Muslim pada Perang Uhud

Masa Perang Uhud merupakan masa yang begitu menyakitkan sepanjang peperangan. Umat muslim mendapatkan kekalahan, bahkan banyak dari kaum muslim yang menjadi syuhada. Bukan hanya itu jenazah mereka sampai dicincang oleh kaum musyrik karena dendam atas kekalahan di perang Badar.

Kebanyakan riwayat bersepakat bahwa jumlah prajurit yang gugur adalah tujuh puluh orang, mayoritas mereka dari kalangan Anshar, di mana telah gugur di antaranya dari suku Aus dan Khazraj serta dari kaum Muhajirin.