Sambal Terasi Tumis – Assalamualaikum wr wb, selamat pagi dan salam sedap penulis ucapkan untuk menyapa para ibu-bu dan pembaca yang lagi dirumah ataupun yang lagi dijalan dan masih menyempatkan diri membaca artikel ini. Semoga dipagi hari yang sejuk ini kita semua tentunya masih diberikan Allah SWT nikmat kesehatan supaya kita dapat beraktivitas seperti biasanya khususnya beraktivitas memasak, hoho… Mungkin pagi ini ibu-ibu mapun pembaca dirumah masih ada yang belum terfikirkan untuk memasak apa siang nanti. Kali ini penulis akan membagikan suatu resep hidangan pelengkap yaitu sambal terasi tumis super spesial pedas dan mantap. Sambal terasi merupakan suatu sajian pelengkap ketika kita makan nasi dengan ditambah lauk seperti ikan goreng, sambal ini memiliki cita rasa yang khas dari terasi udangnya itu sendiri sehingga sambal satu ini banyak sekali penggemarnya. Jika ibu-ibu khususnya remaja putri dirumah yang baru ingin coba membuat sajian satu ini tidaklah sulit untuk dicoba, disini akan penulis jelaskan lengkap apa saja bahan yang dibutuhkan serta panduan dalam membuatnya.

Bahan :

  1. 50 gr cabai merah
  2. 100 gr cabai rawit
  3. 200 gr tomat
  4. 1 sdm terasi bakar
  5. 10 siung bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. 3 ruas lengkuas ukuran 2 cm (geprek dan memarkan)
  8. 2 lembar daun salam
  9. 1 sdm gula merah
  10. 2 batang serai
  11. 1 sdm garam kasar
  12. 1/2 sdt penyedap rasa
  13. 200 ml air matang
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuatnya :

  • Pertama kita ulek hingga halus bahan seperti cabai merah, cabai rawit, tomat, terasi, bawang merah dan putih.
  • Selanjutnya kita panaskan minyak goreng kira-kira 2 sendok makan lalu tuangkan bahan yang diulek halus tadi bersama dengan, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, garam, penyedap rasa serta air matang.
  • Aduk-aduk agar semua bahan tercampur rata lalu masak hingga airnya menyusut.
  • Terakhir, angkat dan sajikan sambal terasi tumis ini bersama nasi putih serta lauk ikan gorengnya.

Simple dan sederhana bukan proses membuatnya? semoga resep dan cara membuat sambal terasi tumis super spesial pedas dan mantap ini dapat membantu ibu-ibu dan pembaca dirumah jika ingin menghidangkan hidangan pelengkap satu ini dirumahnya. Selamat mencoba dan terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL TERASI SUPER SPESIAL PEDAS DAN MANTAP

Sambal terasi merupakan suatu sajian pelengkap ketika kita makan nasi dengan ditambah lauk seperti ikan goreng, sambal ini memiliki cita rasa yang khas dari terasi udangnya itu sendiri sehingga sambal satu ini banyak sekali penggemarnya.
5 out of 5
based on 20 ratings.
5 user reviews:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...