Gulai Buncis Spesial – Assalamualaikum wr wb, selamat pagi ibu-ibu dan pembaca setia yang pastinya lagi santai dirumah. Salam sedap, penulis hari in kembali membawakan suatu resep masakan lezat dan tentunya selalu enak sehingga bisa dinikmati oleh orang-orang atau keluarga dirumah. Penulis juga akan mengajak kita sekalian terlebih dahulu untuk berdoa kepada Allah SWT dan meminta nikmat kesehatan supaya kita bisa memasak masakan lezat. Kali ini penulis akan membagikan suatu hidangan pelengkap yaitu gulai buncis spesial gurih dan enak. Gulai buncis merupakan suatu masakan jenis sayuran yang dibuat dari bahan utamanya berupa buncis yang kemudian dimasak dengan santan serta beberapa bahan bumbu rempah lainnya. Dalam mengolah hingga menjadi gulai buncis ini tidaklah terlalu sulit untuk dicoba, adapun mulai dari bahan yang dibutuhkan sampai pembuatannya secara lengkap akan penulis bagikan dibawah ini.

Bahan :

  1. 250 gram buncis segar (bersihkan lalu potong menyerong)
  2. 1,5 liter santan kelapa
  3. 6 siung bawang merah (untuk dihaluskan)
  4. 3 siung bawang putih (untuk dihaluskan)
  5. 2 siung bawang merah (iris tipis)
  6. 4 siung bawang putih (iris tipis)
  7. 2 ruas lengkuas seukuran ibu jari
  8. 1 ruas jahe seukuran ibu jari
  9. 1 ruas kunyit seukuran ibu jari
  10. 2 lembar daun salam
  11. 4 lembar daun jeruk
  12. 1 lembar daun kunyit
  13. 1 batang serai
  14. 250 gram kentang (potong dadu kecil)
  15. 1 sdm cabai merah
  16. Garam kasar secukupnya
  17. Gula pasir secukupnya

Cara membuatnya :

  • pertama kita haluskan bahan bumbu seperti bawang merah dan putih, kunyit, lengkuas, serta jahe lalu cabai merahnya juga. Giling kesemua bahan tersebut hingga halus.
  • Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah dan putih yang sudah diiris tipis bersama dengan bumbu giling tadi, daun salam, daun jeruk, serta 1 lembar daun kunyit kemudian masukkan juga 1 batang serai sambil diaduk rata.
  • Setelah itu, tambahkan potongan kentang kedalam tumisan bumbu dan tuangkan juga air secukupnya dan masak hingga kentang setengah matang.
  • Kemudian bisa kita masukkan potongan buncis lalu diaduk kembali hingga rata. Selanjutnya tuangkan santan kelapa kedalam tumisan buncis dan beri garam serta gula pasir secukupnya.
  • Terus diaduk agar santan tidak menggumpal dan masak hingga santan menyusut dan matang.
  • Terakhir, sajikan gulai buncis gurih ini diatas piring saji bersama dengan nasi putih hangat serta lauk rendangnya.

sangat lezat sekali jika masakan ini disantap oleh keluarga besar dirumah. Selamat mencoba resep dan cara membuat gulai bunci spesial gurih dan enak ini, semoga bisa membantu ibu-ibu maupun pembaca dirumah yang ingin menyajikan masakan yang bersantan dirumahnya. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT GULAI BUNCIS SPESIAL GURIH DAN ENAK

Gulai buncis merupakan suatu masakan jenis sayuran yang dibuat dari bahan utamanya berupa buncis yang kemudian dimasak dengan santan serta beberapa bahan bumbu rempah lainnya.
5 out of 5
based on 20 ratings.
5 user reviews:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...