Profil Leontinus Alpha Edison - Pengusaha Indonesia Pendiri Tokopedia

BIOGRAFI TOKOH TERNAMA – Leontinus Alpha Edison merupakan seorang pengusaha Indonesia yang juga merupakan pendiri situs web Tokopedia. Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat dan telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Berikut ini kami sajikan profil lengkap Leontinus Alpha Edison.

leontinus alpha edison ig, william tanuwijaya, leontinus alpha edison kekayaan, leontinus alpha edison net worth, leontinus alpha edison biografi, leontinus alpha edison agama, leontinus alpha edison istri, tokopedia

Berawal dari keinginannya membangun Indonesia dengan kemampuan yang ia miliki kemudian membangun startup. Selain itu diakuinya pula terinspirasi dari web jual beli yang telah mampu berkembang tidak hanya di negara asalnya tetapi juga dimanfaatkan oleh masyarakat di negara lain. Membangun bisnis web ini menurutnya bukanlah hal yang mudah, diakuinya banyak hal yang harus dihadapi, dari tingkat keamanan hingga menemukan dan membentuk tim. Namun diakuinya semua masalah harus dihadapi dan diakuinya hingga saat ini dengan ketekunan masalah-masalah tersebut dapat terpecahkan.

Leontinus Alpha Edison lahir di Pontianak, 19 Maret 1981. Duabelas tahun tahun yang lalu bersama temannya William Tanuwijaya, Leontinus Alpha Edison sempat  resah melihat infrastruktur teknologi di Indonesia belum merata. Akses internet bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kota besar sangat terbatas. Dari situlah muncul diskusi-diskusi yang dilakukan oleh lulusan Teknologi Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini bersama William Tanuwijaya berbuah ide membangun marketplace yang dapat menghubungkan penjual dan pembeli di seluruh tempat di Indonesia.

Baca juga : Profil William Tanuwijaya – Pengusaha Indonesia Pendiri Tokopedia

Saat itu mereka tidak memiliki modal untuk membangun sebuah perusahaan. Kemudian mereka datang ke orang kaya satu-satunya yang dienal yakni bos tempat mereka Bekerja. Akhirnya sang boss memperkenalkan mereka pada teman-temannya agar dapat menjadi calon pemodal Tokopedia. Dua tahun berikutnya, Leon dan William berusaha meyakinkan para calon pemodal untuk mendanai Tokopedia. Tokopedia akhirnya buka untuk pertama kalinya pada 2009, Ia mengumpulkan talenta-talenta terbaik negeri untuk bergabung di Tokopedia, meyakinkan para mahasiswa di berbagai universitas terkemuka.

Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Pada tahun 2016, Tokopedia menghadirkan produk teknologi finansial. Produk fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya.

Pada tahun 2017, Tokopedia meluncurkan produk Deals untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan penawaran terbaik dari delapan kategori, termasuk Travel dan Activity. Produk ini dimaksudkan untuk membantu bisnis offline melebarkan sayap mereka secara online melalui Tokopedia.

Pada tahun 2019, Tokopedia meluncurkan jaringan Gudang Pintar bernama TokoCabang di tiga kota yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Layanan gudang ini bertujuan untuk membantu para penjual di marketplace tersebut dalam memenuhi pesanannya. Pada tahun yang sama, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia Salam, sebuah platform yang mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai pilihan produk dan layanan yang baik. Tokopedia Salam juga memiliki fitur halal filter yang membantu pengguna untuk menemukan produk halal secara mudah.

Penghargaan

  • Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.
  • Menjadi #3 Top Chart di Google Play
  • ‘Fastest Value Growth’ dalam acara BrandZ™️ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands.
  • ‘Best Companies to Work For’ dari HR Asia Award.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia