Pangeran ‘Abdul Mateen bin Sultan Haji Hassanal Bolkiah atau Pangeran Abdul Mateen adalah anak kesepuluh dan putra keempat Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam dari mantan istri keduanya, Puan Mariam binti Abdul Aziz. Pangeran Abdul Mateen setengah keturunan Brunei, seperempat Jepang, dan seperempat Inggris.

Pangeran Abdul Mateen lahir pada 10 Augustus 1991 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam dari pasangan Hassanal Bolkiah (ayah) dan Puan Mariam binti Abdul Aziz (ibu).

Pendidikan

Pangeran Abdul Mateen

Pangeran ‘Abdul Mateen menamatkan pendidikan dasar di sekolah St. Andrew. Kemudian melanjutkan pendidikan menengahnya di Paduka Seri Begawan Sultan Science College dan Jerudong International School, keduanya adalah sekolah terbaik di Brunei.

Pada Mei 2010 Pangeran ‘Abdul Mateen mengikuti Kursus Commissioning untuk Perwira Tentara Reguler bersama dengan 200 orang lainnya di Royal Military Academy Sandhurst.

Pada bulan April 2011 Pangeran ‘Abdul Mateen lulus dari kursus komisioning sebagai perwira kadet dari Royal Military Academy Sandhurst, Inggris dan naik pangkat menjadi Letnan Dua.

Pada Juli 2014 Pangeran ‘Abdul Mateen, lulus dan mendapat gelar sebagai Sarjana Seni Politik Internasional dari King’s College London di Barbican Centre di London.

Pada Juli 2016 Pangeran ‘Abdul Mateen dianugerahi gelar Master of Arts dalam Studi Internasional dan Diplomasi dari The School of Oriental and African Studies, University of London.

Pada bulan Maret 2018 Pangeran ‘Abdul Mateen memenuhi syarat sebagai pilot helikopter di Sekolah Terbang Helikopter Pertahanan di RAF Shawbury, di mana ayahnya HM Sultan dan Yang di-Pertuan dari Brunei menghadiahkan kepadanya Lencana Sayap RAF.

Olahraga

Pangeran ‘Abdul Mateen telah mewakili negaranya dalam bidang olah raga polo dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara 2017 dan 2019.

Gelar

Dalam bahasa Melayu, gelar lengkapnya adalah Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda ‘Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah.

Dalam bahasa Indonesia, terjemahan lengkapnya adalah Yang Mulia Pangeran ‘Abdul Mateen putra Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Prince_Mateen_of_Brunei