BIOGRAFI TOKOH TERNAMA – Firmansyah Pitra atau Ica Naga adalah aktor berkebangsaan Indonesia yang terkenal sebagai tokoh pemeran Kang Pipit dalam sinetron Preman Pensiun.

Kang Pipit berpenampilan mencolok. Perawakannya gempal, kepalanya pelontos, dan mengenakan kaus berwarna hitam serta kalung berliontin batu. Pada lengan kanan Kang Pipit juga terdapat tato naga.

Sekilas wajah Kang Pipit terlihat sangar. Namun, saat berbicara ia justru malah mengundang gelak tawa pemirsa layar kaca. Biasanya, Kang Pipit sering beradu akting dengan Deny Firadus yang memerankan tokoh Kang Murad.

Profil dan Biodata lengkap Kang Pipit Preman Pensiun (Firmansyah Pitra) atau Ica Naga

Ternyata Ica Naga benar-benar pernah menjadi preman. Ia mulai tergabung di sebuah kelompok preman pada tahun 1982. Karena hanya menamatkan pendidikan dasar, ia pun menyambi sebagai tukang becak dan kuli bangunan serabutan. 

Ia pernah mendekam di Lembaga Pemasyarakatan selama hampir empat tahun, lebih tepatnya dua tahun di Kebonwaru, Batununggal, Bandung dan 1.5 tahun di Purwakarta. Ica Naga juga merasakan dioper ke setiap penjara dan mengurus penghuni penjara yang lain atau sebagai RT. Selama berada di tahanan, ia membuat tato yang bergambar naga, sehingga dirinya dijuluki Ica Naga.

Pria yang juga bergabung dengan sejumlah organisasi masyarakat di Kota Bandung seperti Sunda Wani dan Benggala ini, sempat ditawari rekannya untuk menjadi wartawan.

Ia juga pernah menulis berita-berita kriminal di tabloid bulanan bernama Buser News, serta meliput peristiwa kriminal selama enam tahun.

Ia pun memutuskan untuk bergabung dengan Elite Bodyguard di Bandung, yang membawanya untuk bermain sinetron Preman Pensiun.

Ica Naga atau Kang Pipit ini telah membintangi sinetron antara lain: Preman Pensiun 1-3 (2015), Awas, Banyak Copet! (2017), Tukang Ojek Pengkolan (2019), dan Preman Pensiun 4 (2020). Ia juga membintangi film Preman Pensiun The Movie (2019) dan Temen Kondangan (2020).

Meninggal dunia

Firmansyah Pitra dikabarkan meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 2021 pada umur 59 tahun akibat penyakit jantung.

Diketahui, Ica Naga telah mengalami sakit jantung sejak proses syuting Preman Pensiun Season 4 dan sempat dirawat di RS Intan Husada Garut.

Kabar Ica Naga meninggal diumumkan oleh Epy Kusnandar lewat Instagram, Jumat (29/1/2021). Ica Naga akan dikebumikan di Rancaekek, Sumedang, Jawa Barat.