Tiara Anugrah Eka Setyo Andini atau dikenalkan dengan nama panggung Tiara Andini adalah seorang penyanyi asal Jember, Indonesia. Ia merupakan runner up Indonesian Idol musim kesepuluh yang ditayangkan stasiun televisi RCTI pada tahun 2019-2020, karena itu iapun dikenal oleh fansnya (penggemar) dengan nama Tiara Idol.

Tiara Anugrah

Tiara lahir di Jember, pada 23 September 2001. Ia adalah anak pertama dari 3 bersaudara dari pasangan orang tua bernama Deddy Nugroho (bapak) dan Sari Yoshida Setyoastri (ibu).

Gadis yang memiliki tinggi badan 163 cm (5 ft 4 in) ini memiliki adik laki-laki dan perempuan. Tiara mengenyam bangku sekolah dasar di SD Al-Furqan Jember. Setelah itu, Tiara melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 3 Jember lalu pada tahun 2017 Tiara melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di SMA Muhammadiyah 3 Jember.

Semasa kecilnya, Pemilik akun Instagram @tiaraanugrahh ini mengisi hari-harinya dengan berbagai kegiatan salah satunya modeling dan terdaftar sebagai anggota aktif Jember Fashion Carnaval.

Tiara sudah menggeluti dunia tarik suara dengan mengikuti les vokal sejak masih duduk di bangku sekolah kelas 5 SD. Dia bisa menyanyikan beragam musik mulai dari keroncong hingga musik Mandarin. Bakat menyanyi Tiara itu rupanya ditularkan dari sang ayah, Deddy Nugroho yang merupakan seorang musisi.

Pada tahun 2018, Tiara dipercaya untuk menjadi peraga busana prototype dari Jember Fashion Carnaval yang bertemakan Korea Selatan di penutupan Asian Games 2018. Pada saat itu, Tiara juga berkesempatan mendapat momen bersama salah satu boy group terkenal asal Korea Selatan, yaitu Super Junior.

 Tiara Anugrah

Melalui kanal YouTube yang bernama Tiara Anugrah Official, ia kerap meng-cover banyak lagu. Bahkan sebelum dikenal sebagai kontestan Indonesian Idol X, dia sudah mempunyai penggemar setelah memamerkan suara merdunya di akun YouTubenya yang kini telah mencapai lima ribu lebih subscribers.

Tiara dikenal sebagai gadis penerima titanium ticket di Indonesian Idol (musim kesepuluh), dari salah satu Juri yaitu Judika. Titanium ticket merupakan hak veto juri untuk memberikan kesempatan peserta audisi memasuki tahap eliminasi setelah mendapatkan jumlah suara sedikit dari juri dan hak veto ini hanya berlaku untuk satu kali kesempatan.

Tiara Anugrah kwtika menjadi runner up Indonesian Idol X
Tiara Anugrah ketika menjadi runner up Indonesian Idol X

Pada setiap penampilannya, pemilik akun media sosial Twitter @tiaraIdol10 ini selalu menunjukkan peningkatan yang signifikan hingga berhasil menarik perhatian juri dan masyarakat Indonesia.

Tiara Anugrah Eka Setyoandini atau yang kini dikenal dengan Tiara Idol, tang menyangka dirinya bisa bertahan hingga Grand Final Indonesian Idol X. Tiara Anugrah yang akrab disapa Tiara Idol baru saja meraih juara kedua di ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ke-10.


Sumber: