Penyakit koronavirus 2019 (bahasa Inggris: coronavirus disease 2019, disingkat COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi koronavirus 2019–2020. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan.

Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin. Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis berkisar antara 1–14 hari dengan rata-rata 5 hari. Metode standar diagnosis adalah uji reaksi berantai polimerase transkripsi-balik (rRT-PCR) dari usap nasofaring atau sampel dahak dengan hasil dalam beberapa jam hingga 2 hari. Pemeriksaan antibodi dari sampel serum darah juga dapat digunakan dengan hasil dalam beberapa hari. Infeksi juga dapat didiagnosis dari kombinasi gejala, faktor risiko, dan pemindaian tomografi terkomputasi pada dada yang menunjukkan gejala pneumonia.

Infeksi virus corona mencapai angka satu juta orang. Virus penyebab penyakit Covid-19 itu menyebar ke hampir seluruh negara di dunia sehingga kemudian ditetapkan sebagai pandemi global. Virus ini juga dapat menyerang siapa saja, tanpa membedakan apakah itu orang kaya atau miskin. Bisa menjangkit warga biasa, pengusaha, bangsawan bahkan pejabat negara. 

Berikut ini daftar sejumlah tokoh dunia yang terinfeksi virus corona sejak Februari dikutip dari South China Morning Post:

Profil 22 Tokoh Dunia dan Indonesia yang Positif Virus Corona

1. Antonio Vieira Monteiro

Antonio Vieira Monteiro adalah president dewan direktur Santander bank Portugal (Ketua unit Santander Bank bagian Portugal), meninggal dunia setelah dinyatakan positive terpapar Covid-19, sepulangnya dari Italia. Ia dilaporkan meninggal karena Virus Corona pada 18 Maret. 

2. Sayyed Hadi Khosrowshahi

Khosrowshahi merupakan wakil dari pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di Kementerian Bimbingan Islam setelah revolusi 1979. Dua tahun kemudian, dia ditunjuk menjadi duta besar Iran untuk Vatikan.

Sayyed Hadi Khosrowshahi adalah Mantan duta besar Iran untuk Vatikanm, meninggal akibat mengidap virus corona tipe baru atau Covid-19 pada Kamis (27/2). Dia meninggal di usia 81 tahun.

3. Masoumeh Ebtekar

Ebtekar lebih dikenal secara internasional karena andilnya dalam pembebasan puluhan sandera di Kedutaan Besar AS di Teheran pada krisis sandera Iran 1979. Ia merupakan juru bicara bahasa Inggris yang dikenal sebagai “Mary” selama krisis penyanderaan Iran, saat mahasiswa menyerbu dan menduduki Kedutaan Besar AS di Teheran. Krisis sandera dimulai pada November 1979 selama Revolusi Islam. Awalnya, sebanyak 66 sandera Amerika diambil, namun jumlah tersebut menyusut hingga 52 pada Juli 1980 saat sandera dibebaskan karena berbagai alasan. Krisis ini berlangsung selama 444 hari dan berakhir pada 20 Januari 1981.

Wakil Presiden Iran Bidang Keluarga dan Perempuan Masoumeh Ebtekar dikonfirmasi positif corona pada 28 Februari 2020. 

4. Mohammad Mir-Mohammadi

Seyed Mohammad Mir-Mohammadi, anggota Dewan Kearifan Kemanusiaan Iran dilaporkan meninggal dunia karena virus Corona baru, Covid-19. Dewan Kearifan Kemanusiaan adalah badan yang bertugas memberikan masukan kepada pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei.

Penasehat Pemimpin Tinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yaitu Mohammad Mir Mohammadi (71) diketahui meninggal 2 Maret 2020 setelah positif Covid-19 pada 2 Maret 2020. 

5. Nicola Zingaretti

Nicola Zingaretti adalah politisi Italia yang telah menjabat sebagai Presiden Lazio sejak 2013 dan Sekretaris Partai Demokrat sejak 2019. 

Pemimpin Partai Demokrat Italia, Nicola Zingaretti, dinyatakan positif mengidap virus corona pada 7 Maret 2020. Dia menjadi politisi Italia pertama yang terjangkit Covid-19. 

6. Franck Riester

Menteri Kebudayaan Perancis Franck Riester positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 pada 9 Maret 2020. Riester sebelumnya melakukan kontak dengan orang-orang terinfeksi virus corona di Parlemen Perancis. 

7. Jaroslaw Mika

Franck Riester adalah seorang politikus Prancis. Ia adalah Menteri Budaya Prancis saat ini. Ia menjadi anggota Majelis Nasional Prancis dari 2007 sampai 2018. Ia mewakili departemen Seine-et-Marne, dan amantan anggota The Republicans, dulunya dikenal sebagai Union for a Popular Movement. 

Dikutip dari Reuters, Rabu (11/3/2020) petinggi militer Polandia Jenderal Jaroslaw Mika terinfeksi corona setelah pulang dari konferensi militer Defender-Europe 20 di Jerman pada 6 Maret 2020 untuk membahas latihan dan penempatan pasukan AS. 

8. Nadine Dorries

Nadine Vanessa Dorries adalah seorang politikus Konservatif Britania Raya yang menjabat sebagai Sekretaris Parlementer Negara Tingkat Rendah untuk Kesehatan dan Perawatan Sosial sejak 2019, dan menjabat sebagai Anggota Parlemen untuk Mid Bedfordshire sejak 2005. 

Menteri Kesehatan Junior Inggris, Nadine Dorries mengonfirmasi bahwa dia terinfeksi Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, Selasa (10/3/2020) Dalam keterangan tertulisnya, Menkes Inggris asal Partai Konservatif itu langsung melakukan langkah pencegahan. Termasuk mengarantina dirinya sendiri.

9. Irene Montero

Irene María Montero Gil, MP adalah politisi dan psikolog Spanyol, anggota partai Podemos. Dia saat ini menjabat sebagai Menteri Kesetaraan Spanyol sejak 13 Januari 2020.

Dilansir adari AFP (12/3/2020) Menteri Kesetaraan Spanyol, Irene Montero, positif terinfeksi virus corona. Montero kemudian menjalani karantina bersama kekasihnya, wakil perdana menteri sekaligus pemimpin partai Podemos, Pablo Iglesias. 

10. Sophie Grégoire Trudeau

Sophie Grégoire, juga dikenal sebagai Sophie Grégoire Trudeau, adalah istri perdana menteri Kanada ke-23, Justin Trudeau. Dia adalah mantan pembawa acara televisi dan terlibat dalam pekerjaan amal dan berbicara di depan umum, terutama berfokus pada isu-isu perempuan dan anak-anak.

Istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sophie Grégoire Trudeau, dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Jumat (13/3/2020). Melansir Bloomberg, PM Kanada Justin Trudeau dan Sophie kemudian menjalani isolasi selama 14 hari. 

11. Roberto Stella

Dr. Roberto Stella adalah kepala medis Italia. Dr. Roberto Stella (67) dokter Italia, meninggal pada Selasa malam (10/3/2020) di Rumah Sakit Como karena gagal pernafasan akibat virus corona. Dr Stella diduga telah tertular virus saat bertugas, di garis depan merawat pasien dan mengarahkan mereka ke perawatan yang tepat. Kematiannya dikonfirmasi oleh Wali Kota Como Mario Landriscina. 

12. Francis Suarez 

Francis Xavier Suarez adalah seorang pengacara dan politisi Amerika yang menjabat sebagai walikota Miami yang ke-43. Dia terpilih pada 7 November 2017 dengan 86 persen suara. Suarez adalah walikota kelahiran Miami pertama. Dia adalah seorang Republikan terdaftar, tetapi kantor Walikota Miami adalah non-partisan.

Walikota Miami Francis Suarez (42) dinyatakan positif Covid-19 pada 13 Maret 2020. Melansir miami Herald, empat hari sebelumnya wali kota menghadiri sebuah acara lokal dengan seorang pejabat pemerintah Brasil yang kemudian dites positif terkena virus. 

13. Peter Dutton

Peter Craig Dutton adalah politisi Partai Liberal Australia yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri sejak 2017, dan telah menjabat sebagai Anggota Parlemen untuk Dickson sejak 2001.

Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Jumat (13/3/2020). Dilaporkan BBC, Dutton, yang juga Komite Keamanan Nasional, mengatakan, dia bangun dengan merasa demam serta sakit tenggorokan. Dia segera menghubungi departemen kesehatan setempat di Queensland dan kemudian dirawat di rumah sakit. 

14. Begona Gomez

Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, dinyatakan positif virus corona hanya beberapa jam setelah suaminya mengumumkan “lockdown”. Dilansir AFP dan BBC Sabtu (14/3/2020), pemerintah Negeri “Matador” memutuskan menutup museum, pusat kebudayaan, hingga kegiatan olahraga. 

15. Pere Aragones 

Pere Aragonès i Garcia adalah seorang pengacara dan politisi Spanyol dari Catalonia. Dia adalah Wakil Presiden dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Catalonia saat ini. 

Wakil kepala pemerintahan Catalan mengumumkan pada 15 Maret 2020 bahwa ia juga dinyatakan positif virus corona. “Hari ini saya dinyatakan positif Covid-19 . Saat ini saya dalam keadaan sehat. Saya akan tinggal di rumah, mengikuti instruksi medis, dari mana saya akan terus bekerja. Kita harus bertindak dengan pencegahan dan tanggung jawab penuh,” katanya melalui Twitter. 

16. Quim Torra

Joaquim Torra i Pla, yang dikenal sebagai Quim Torra, adalah seorang pengacara dan jurnalis Spanyol dari Catalonia. Torra adalah Presiden saat ini dari Pemerintah Catalonia. Lahir di Blanes, Torra lulus dari Universitas Otonomi Barcelona sebelum bergabung dengan profesi hukum.

Presiden Catalan, Quim Torra, dinyatakan positif mengidap Covid-19. Dilansir dari Catalannews (16/3/2020), dia mengumumkan berita itu dalam pernyataan resmi setelah mengalami gejala termasuk batuk dan demam. 

17. Michal Wos

Michał Woś adalah Anggota Sejm Republik Polandia, Lahir: 8 Februari 1991 (usia 29 tahun), Racibórz, Polandia. Pasangan: Beata Maria Woś. Partai: Law and Justice. Jabatan saat ini: Anggota Sejm Republik Polandia sejak 2019. Pendidikan: Warsaw School of Economics (2018), Universitas Jagiellonian (2016).

Menteri Lingkungan Hidup Polandia Michal Wos dinyatakan positif virus corona pada Senin (16/3/2020). Dikutip dari Anadolu, Wos kemudian menjalani karantina untuk penyembuhannya. 

18. Torbjorn Roe Isaksen

Torbjørn Røe Isaksen adalah seorang politisi Norwegia, MP untuk Partai Konservatif yang telah menjabat sebagai Menteri Perburuhan dan Inklusi Sosial sejak Januari 2020.

Menteri Tenaga Kerja dan Inklusi Sosial Norwegia ini dinyatakan positif memiliki virus corona, setelah wakilnya dipastikan memiliki virus tersebut. 

19. Augusto Heleno

Augusto Heleno Ribeiro Pereira adalah politisi Brasil dan pensiunan Jenderal Angkatan Darat Brasil. Dia adalah komandan militer Amazon dan Kepala Departemen Sains dan Teknologi Angkatan Darat.

Menteri Keamanan Nasional Brasil Augusto Heleno dikonfirmasi positif terpapar virus corona. Melalui akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Rabu (18/3/2020) dia menyebutkan bahwa hasil tesnya menyatakan positif. 

20. Pangeran Charles

Pangeran Wales adalah putra mahkota Britania Raya. Dia adalah anak tertua dari Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip. Sebagai pewaris tetap tahta Britania Raya, Charles dianugerahi gelar Pangeran Wales.

Putra tertua Ratu Elizabeth II sekaligus ahli waris takhta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles, dilaporkan positif terkena virus corona. Dikutip dari CNN, Rabu (25/3/2020), saat ini Putra Mahkota bergelar Prince of Wales tersebut kemudian menjalani karantina di Skotlandia.

21. Boris Johnson

Alexander Boris de Pfeffel Johnson, lebih dikenal dengan nama Boris Johnson, adalah seorang politikus Partai Konservatif Britania Raya dan wartawan yang terpilih menjadi Perdana Menteri Britania Raya sejak 24 Juli 2019.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dinyatakan positif virus corona. Dia dilaporkan mengalami gejala ringan virus corona pada 26 Maret 2020 setelah menghadiri acara di dewan rakyat. Melalui akun Twitternya dia mengatakan mengalami batuk dan suhu tubuh yang meningkat. Dia kemudian menjalani isolasi mandiri di rumahnya sambil tetap menjalankan tugasnya dari rumah melalui sambungan video. 

22. Peg Broadbent

Peregrine “Peg” Broadbent, kepala keuangan Jefferies Group LLC, meninggal akibat komplikasi virus corona pada 29 Maret 2020. Dikutip dari Bussines Insider, Peg meninggal pada usia 56 tahun dan telah menjabat sebagai CFO sejak 2007 hingga kematiannya. Indonesia

Sementara di Indonesia sejumlah pejabat yang dikonfirmasi positif corona di antaranya:

1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Ir. Budi Karya Sumadi adalah Menteri Perhubungan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju setelah sebelumnya menjabat posisi yang sama pada Kabinet Kerja sejak 27 Juli 2016 menggantikan Ignasius Jonan. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif corona atau Covid-19 pada hari sabtu 14 Maret 2020. Budi Karya Sumadi dinyatakan sembuh dari virus Corona setelah menjalani karantina selama 14 hari.

2. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Ir. Zulfikri, M.Sc., DEA.

Beliau lahir di Lintau, pada tanggal 9 Juli 1962 menjalankan pendidikannya dari sekolah dasar hingga SMP di Bandar Lampung dan melanjutkan studi sarjana di ITB Bandung Teknik Sipil dan pasca sarjana di  Univ Lumiere II, Perancis jurusan Ekonomi Transportasi.  Alamat kantor JI. Medan Merdeka Barat No. 8 Gd. Karsa Lt. 2, Jakarta Pusat Telp. (021)  3518064 Ext. 1349 Fax. (021) 3813972.

Zulfikri dinyatakan positif terpapar virus Corona Covid-19. Kemudian ia memilih untuk melakukan isolasi mandiri. Zulfikri bersama dengan istri telah melakukan tes swab pada 18 Maret 2020. Hasil dari tes tersebut menyatakan bahwa Zulfikri telah positif terpapar Corona, sedangkan sang istri dinyatakan negatif Corona covid-19.

4. Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana

dr. Cellica Nurrachadiana adalah Bupati Karawang untuk masa bakti 2015-2020. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Bupati Karawang untuk masa bakti 2010-2015. Ia dinobatkan sebagai Wakil Bupati termuda se-Indonesia saat itu.

Pertengahan bulan Maret Cellica dinyatakan positif virus Corona. Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menggelar konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3).

Senin tanggal 13 April 2020 siang menjelang sore, diinformasikan bahwa hasil swab kedua Cellica dinyatakan negatif oleh Balitbang Kemenkes. Hasil kedua tes swab dirinya menunjukkan negatif dari virus Corona.

5. Wali Kota Bogor Bima Arya

Dr. Bima Arya Sugiarto, S.Hum., M.A. adalah seorang politisi Indonesia. Bima adalah Wali Kota Bogor periode kedua yang menjabat sejak 20 April 2019. Sebelumnya ia adalah Wali Kota Bogor periode pertama sejak 7 April 2014 hingga 7 April 2019. Bima merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. 

Bima Arya dinyatakan positif terinfeksi virus corona sepulang dari Turki dan Azerbaijan dalam rangka kunjungan kerja. Hal itu diketahui setelah Bima menjalani pemeriksaan Covid-19 pada 17 Maret lalu dan terbit pada dua hari kemudian. 

Bima dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor selama 17 hari atau lebih dari dua pekan. Kondisi Wali Kota Bogor, Bima Arya, yang dirawat akibat positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dilaporkan terus membaik.

6. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

H.Yana Mulyana, S.E. adalah seorang Pengusaha, Bisnis, Politikus yang sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung periode 2018 – 2023 mendampingi Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial Sebelum menjadi Wakil Wali Kota Bandung, Yana dikenal sukses sebagai pengusaha. 

Yana Mulyana merupakan satu dari tiga kepala daerah di Jabar yang dinyatakan positif usai melakukan tes mandiri yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jabar. Jumat 28 Maret 2020 setelah diisolasi, dari hasil swab test yang kedua ia telah dinyatakan negatif.