Indonesia kehilangan sosok Yang disebut sebagai Bapak Atletik Indonesia. Beliau adalah Bob Hasan, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ( PB PASI) ini mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Siapkah Bob Hasan? berikut ini kami paparkan Profil, dan Biodatanya….

Bob Hasan

Nama aslinya yang lengkap adalah Mohamad Hasan Gatot Soebroto, lahir di Semarang, 24 Februari 1931. Beliau adalah pengusaha dan pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII. Bob Hasan sejak kecil diasuh sebagai anak oleh Jenderal Gatot Subroto.

Namanya mencuat karena berbisnis dalam industri kayu. Bob Hasan juga sampai dengan saat ini menjabat sebagai Ketua PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), dan sebagai Honorary Life Council Member International Associations of Athletic Federation. Ia adalah pendiri media Gatra. Ia pernah diberi penghargaan prestisius Kalpataru pada tahun 1997.

Bob Hasan adalah Ketua Umum PB PASI periode 2016-2020 dan sudah menjabat sebagai ketua induk olahraga atletik sejak 1982.

Selain itu, Bob Hasan juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia periode 16 Maret 1998-21 Mei 1998.

Bob Hasan dikenal sebagai sosok yang tak tergantikan sebab ia banyak memberikan sumbangsih pemikiran hingga dana untuk kemajuan atletik di Indonesia.

Bob merupakan sosok di balik prestasi Lalu Zohri karena ia yang membiayai Zohri hingga berhasil menjadi juara dunia U-20 dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia pada tahun 2018.

Baca : “Profil Lalu Muhammad Zohri – Juara Dunia Lari Junior (U20) 100 Meter di FInlandia”

Bob Hasan meninggal dunia pada hari Selasa 31 Maret 2020 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada umur 89 tahun. Meninggalkan seorang istri bernama Pertiwi Hasan dan 2 orang anak.

Sumber: