Putra Siregar adalah seorang pengusahan muda pemilik PS Store. Namanya mendadak ramai diperbincangkan di jagat maya setelah Bea Cukai kanwil DKI Jakarta menemukan dugaan perdagangan smartphone ilegal pada Selasa (28/7). 

Kompas.com dalam lamannya menuliskan, Sebanyak 190 telepon selular yang diduga ilegal disita sebagai barang bukti, buntut dari penetapan tersangka Putra Siregar. Kasi Bimbingan Kepatuhan dan Kehumasan Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta, Ricky M. Hanafie mengatakan, penyitaan tersebut sudah dilakukan sejak 2017. Adapun 190 handphone tersebut disita dari toko milik Putra Siregar di kawasan Jalan Raya Condet, Jakarta Timur.

Dilansir dari akun Instagram @bckanwiljakarta, pada Kamis 23 Juli 2020, Kanwil Bea dan Cukai Jakarta telah menyerahkan barang bukti dan tersangka. Adapun barang bukti yang diserahkan berupa 190 handphone bekas dan uang hasil penjualan sebesar Rp 61.300.000. Selain itu beberapa aset lain milik Putra Siregar juga disita

Selain itu, dari tersangka juga disita harta kekayaan/penghasilan berupa uang tunai senilai Rp500 juta, rumah Rp1,15 miliar, serta rekening bank senilai Rp50 juta.

Biodata Putra Siregar, Youtuber yang Ditangkap Bea Cukai karena Jual Ponsel Ilegal

Pemilik PS Store, Putra Siregar. Foto: Instagram/@putrasiregarr17

Menjadi pengusaha

Dikutip dari Kumparan.com, Youtuber yang tahun ini memasuki usia 25 tahun ini sudah bertahun-tahun menjual berbisnis ponsel. PS Store yang dimilikinya memiliki pusat penjualan di Condet, Jakarta Timur, dan  dikenal karena menjual smartphone dengan harga yang murah.

Dilihat dari Profil Facebooknya, Putra Siregar merupakan alumni Universitas Sumatera Utara, Medan. Putra Siregar juga kerap melakukan aktivitas bersama artis-artis papan atas Indonesia seperti Raffi Ahmad, Anji, Atta Halilintar, hingga Baim Wong. Bahkan Ketua MPR Bambang Soesatyo juga terlihat berfoto dengannya. 

Selain sebagai pengusaha ponsel, Putra dikenal juga sebagai Youtuber asal Batam. Tahun ini ia berencana kurban 350 hewan kurban di seluruh Indonesia bertepatan pada Hari Raya Idul Adha, 31 Juli 2020 mendatang. Jumlah hewan kurban ini rencananya bakal memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Kurban ini sebagai bentuk kepedulian pengusaha muda ini kepada masyarakat yang kurang mampu ataupun sesama. Putra Siregar selama ini dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses yang berangkat dari nol.

Sebelum sukses menjadi pengusaha, Putra Siregar pernah menjadi seorang pengamen, sales parfum keliling, dan pedagang handphone second di Batam. Hingga kini ia memiliki ratusan karyawan di seluruh Indonesia.

Selain itu, untuk meningkatkan penjualan, ia juga kerap membayar influencer selebgram seperti Sarah Keihl, hingga Anya Geraldine. Mengutip batamnews.co.id, ia mengaku pada usia sekitar 10 tahun hingga 11 tahun sudah berusaha banting tulang. Hidup di jalanan tak menyurutkan niatnya untuk terus bersekolah. Sumber: Kumparan.com