Blog

Penjelasan Error Web Server 403 404 500 503 504 509

Error 401 : Unauthorized
Pada status 401 ini menyatakan pengunjung website tidak memiliki hak akses untuk folder yang diproteksi oleh password atau kata kunci.

Penyebab Error 403
403 pada dasarnya bukan Error murni tapi berupa “FORBIDDEN” yang berhubungan dengan pembatasan hak akses. Bila terjadi masalah ini itu bisa berarti anda tidak memiliki authority untuk mengakses halaman/url tersebut.

Cara Memperbaikinya :
Bila error ini terjadi pada website anda sedangkan anda tidak melakukan pembatasan hak akses pada url tersebut silahkan periksa:

  1. Konfigurasi plugin, component atau code yang anda gunakan
  2. Periksa CHMOD

Penyebab Error 404
Bila muncul 404 tanda error itu berarti halaman yang anda tuju sudah tidak ada, telah di hapus atau bisa juga dirubah url nya. Error 404 sangat erat kaitannya dengan SEO oleh karena itu kita harus terus memeriksa website agar tahu bila terjadi broken link yang menyebabkan error 404 bisa terjadi.

Cara Memperbaikinya :
Cara Memperbaiki error 404 ini sangat mudah sekali yakni:

  1. Buat content baru sesuai dengan url yang hilang atau
  2. Saya sangat menyarankan anda menggunakan tekhnik redirect 301 daripada membuat custom 404 page not found untuk alasan SEO. Dan cara untuk mengunakan redirect 301 (permanent redirect) dari url yang hilang ke url yang baru adalah melalui cpanel hosting atau bisa pula dengan menambahkan code berikut ini di akhir line file .htaccess anda (redirect 301 /url-yang-error/ http://domain.com/url-baru/ atau sesuai dengan konfigurasi yang anda gunakan bisa seperti: redirect 301 /url-hilang.html /url-baru.html). Khusus untuk pengguna WordPress dapat gunakan plugin redirect list. http://wordpress.org/plugins/redirect-list/
Error 406 : Not Acceptable
Status 406 menyatakan  permintaan dari browser tidak dapat dipenuhi oleh server.

Penyebab Error 500
Kode tanda error 500 akan terjadi pada web site anda bila ada kesalahan pada konfigurasi .htaccess dan mod_rewrite. Penyebabnya adalah karena Apache server tidak dapat memenuhi permintaan/query yang diperintahkan user saat mengeksekusi sebuah perintah.

Cara Memperbaikinya :
Banyak sekali penyebab error 500 tergantung dari kasusnya masing-masing. Biasanya error 500 terjadi setelah anda melakukan perubahan pada code/script CMS yang di gunakan seperti setelah menginstall plugin, component, module bagi pengguna CMS WordPress, Joomla!, Drupal dst.
Cara untuk mengatasi Error 500 tergantung dari kasusnya yakni:

  1. Hubungi pihak penyedia web hosting terlebih dahulu untuk mencari solusi karena banyak plugin/bahasa program yang tidak bisa berjalan didalam webserver yang menggunakan system tertentu
  2. Uninstall/deactivate plugin yang barusan anda install
  3. Merubah/menambah code pada .htaccess
  4. Hubungi developer plugin
  5. Temukan solusi melalui forum CMS yang anda gunakan

Error 500 dan Memperbaikinya
500 Internal Server Error adalah sangat umum kode status HTTP yang berarti sesuatu yang tidak benar telah terjadi pada server situs web, tetapi server tidak bisa lebih spesifik tentang apa masalah yang tepat. Error 500 internal server biasanya hanya bersifat sementara saja atau tergantung secepat apa penanganan yang diberikan penyedia web hosting cara memperbaikinya tentu saja dengan menghubungi pihak web hosting anda.

Mengetahui Apa Penyebab Error 503 dan Solusinya
Error 503 menandakan url yang anda tuju sedang tidak eksis yang disebabkan oleh web server yang sedang down, overload, maintenance dst. Error 503 ini juga sangat erat kaitannya dengan SEO. Anda harus kritis terhadap web hosting bila website anda sering mengalami 503. Bila dalam sehari terjadi down 1 hingga 2 jam secara rutin berarti website anda down selama 30 – 60 jam dalam sebulan dan ini sangat berbahaya sekali karena Google akan menganggap website “bad”.

Ingat! kecepatan web hosting menempati urutan pertama dari 200 item sistem perangkingan Google.

Solusi bila menghadapi ini adalah dengan memindahlan website anda kedalam web hosting yang lebih baik dan salah satu penyedia layanan web hosting terbaik di Indonesia dengan fitus unlimited.

Website Muncul Error 504? Ini Penyebabnya
Untuk error 504 secara umum sama persis masalahnya dengan error kode 503 yakni buruknya performa web server yang anda gunakan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk segera pindahkan website anda menggunakan web hosting yang baik dan profesional.

Error 509 : Bandwidth Limit Exceeded
Status ini menyatakan bahwa penggunaan bandwidth pada account hosting sudah melebihi quota yang ditetapkan untuk akun hosting pemilik website.

Kalau semisal ada tambahan bisa langsung berkomentar atau mungkin sanggahan, kritik dan saran atau salah salah kata saya bisa anda beri komentar di bawah ini.

Write a comment

RYANPRATAMADOTCOM

hosting terbaik

Categories

Newsletter