Blog

Kekurangan dan kelebihan widget kometar DISQUS

DISQUS merupakan layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blog WordPress, Tumblr, Blogspot, dll. hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Selain itu, untuk pengaturan secara manual, Disqus bisa diintegrasikan dengan jenis CMS seperti Drupal, Joomla, Squares pace, Yola/SythaSite, DokuWiki, Storytlr, Sweetcron, Sandvox dan Chimp. Tidak heran berbagai situs menganggap diskusi melalui dunia maya juga harus diperhitungkan kekuatannya, karena internet sejak kemunculannya hingga kini telah menjadi media komunikasi yang interaktif, yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah.

Di balik kelebihan komentar disqus pasti memiliki beberapa kekurangan kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangannya menurut pendapat saya pribadi.
Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena tidak jarang ada pengunjung yang bertanya banyak hal dalam satu sesi seperti konsultasi dan tentunya memerlukan moderasi yang cepat dan tepat.
Beberapa kelebihannya :
1. Bisa Impor Komentar.
Satu hal ini yang terkadang membuat pemilik blog tidak jadi ataupun mengurungkan niatnya dan ber fikir berulangkali untuk mengganti sistem komentar bawaan dengan sistem komentar eksternal adalah dengan hilangnya komentar lama blog ketika di pindah .
Komentar yang dapat diimpor ke DISQUS diantaranya adalah komentar WordPress, Blogger, MoveableType, JS-Kit Echo, dan  lainnya yang menggunakan format  data WXR XML.
2. Sistem Keamanan Yang Unik.
Sistem keamanan yang unik, Disqus memiliki sistem keamanan tersendiri untuk serangan spam, dan juga dukungan komunitas untuk menandai tanggapan-tanggapan yang tidak santun/sesuai dengan tata krama. Tidak memerlukan CAPTCHA, jadi bagi yang tidak suka CAPTCHA tidak perlu khawatir.
3.Mendukung Penanda HTML.
Disqus men­dukung sebagian besar penanda HTML seperti code, pre, a, sup,  dan lain seba­gainya.
4.Dengan kotak komentar Disqus, Anda bisa berkomentar menggunakan akun jejaring sosial Anda.
Kekurangan :
1. Untuk koneksi lambat ini sangat menggangung karena butuh waktu untuk meload komentar disqus dan tentunya mempengaruhi kenyamanan pengunjung blog yang akan berkomentar
2. Kurangnya emoticon, kalau menngunakan komentar blog yang asli bisa di selipi sebuah emoticon sedangkan di disqus masih belum menggunakan emoticon
Ingin menggunakan kometar Disqus ? anda bisa langsung menuju situs resminya di bawah ini
DISQUS Disqus.com

1 Comment(s)

  1. Reborn Games
    April 10, 2016

    Bener gan saat koneksi lemot buka site yang kolom komentarnya menggunakan Disqus tidak terbuka diskus nya , dan kalau mau berkomentar disitu kalau mau masukin link bisa terkena spam padahal untuk memperkenalkan Site kita juga kepda adminnya 😀

Write a comment